Total Tayangan Halaman

Sabtu, 23 Oktober 2010

Analisis Unsur Intrinsik Novel Darah Muda

ANALISIS UNSUR INTRINSIK NOVEL BERJUDUL
“ DARAH MUDA ”


A. Tema
Tema novel ini adalah seorang dokter muda yang bernama Nurdin dan ingin segera bertemu dengan orangtuanya setelah 10tahun lamanya menuntut ilmu di sekolah dokter ( stovia ). Dalam perjalanannya ke kampong ia bertemu dengan seorang gadis yang mampu merubah sikapnya yang pendiam. Gadis itu bernama Rukmini. Nurdin dan Rukmini kini telah menjalin cinta. Namun, cinta mereka tidak direstui kedua orangtua Nurdin yang beranggapan bahwa Rukmini tidak sederajat dengan Nurdin yang seorang dokter dan dari keluarga terpandang. Hal ini terbukti dengan ibunya Nurdin yang terus-menerus berusaha memisahkan Nurdin dan Rukmini yang dibantu oleh Harun yang juga menaruh hati pada Rukmini. Namun usaha tersebut terjadi tidak begitu lama. Nurdin dan Rukmini tak ada bertemu kembali dan Nurdin pun membangun alasan untuk segera menjalin rumah tangga bersama Rukmini.

B. Alur
Alur dalam novel ini merupakan alur maju ( progresif ). Alur dimulai ketika “Nurdin” pulang kampong untuk menemui kedua orang tuanya di kota Padang. Dalam perjalanannya pulang dia bertemu tokoh “Rukmini”. Alur tersebut bergerak maju sehingga akhirnya Nurdin menyadari bahwa hubungannya yang putus dengan Rukmini tidak hanya perbuatan ibunya semata dan mendekati akhir pada saat Nurdin membaca buku harian Rukmini ia semakin yakin dengan kesetiaan gadis sunda itu dan tak ada alas an untuk menjalin rumah tangga dengan Rukmini.

C. Setting/Latar
Setting terjadi dibeberapa tempat sbb:
1. Di atas kapal yang akan menuju kota Bengkulu dan kota Padang.
2. Kota Betawi : Nurdin bekerja di CBZ, sebuah rumah sakit besar dan dipindah tugaskan ke Bukittinggi.
3. Kota Padang : Nurdin engan tidak sengaja bertemu kembali dengan Rukmini.

D. Penokohan
Dalam novel “Darah Muda” sifat-sifat tokohnya digambarrkan dngan metode dramatic, misalnya melalui percakapan antartokoh. Sifat-sifat para tokohnya sbb:
1. Nurdin :
» Mempunyai perasaan cinta yang sangat tulus
» Senagn dalam melaksanakan tugas-tugas
» Mudah dipengaruhi
» Mudah berputus asa

2. Rukmini :
» Setia
» Sederhana
» Baik hati






3. Harun :
» Suka menghasut
» Banyak melakukan kejahatan
» Melakukan tipu muslihat

E. Sudut pandang
Tehnik bercerita yang digunakan Adinegoro dalam novel “Darah Muda” ini adalah pengarang tidak turut serta dalam cerita. Hal ini ditunjukkan dengan pemakaian nama untuk tokoh utama.
Contoh:
Setelah 10tahun lamanya Nurdin menuntut ilmu disekolah dokter ( stovia). Akhirnya pemuda asal Minangkabau itu berhasil menyelesaikan dengan baik. Resmilah ia menjadi dokter.

F. Amanat
Novel “Darah Muda” mempunyai kaitan yang erat dengan kehidupan saat ini. Didalam kehidupan yang sebenarnya pasti seseorang akan berusaha mencari dan mendapatkan cinta sejatinya tanpa mempersoalkan suku, ras, dan derajat. Namun berpegang teguh pada kepercayaan dan keetiaan cinta sejatinya.

2 komentar: